Bored Pile
Metode
Wash Boring

  • Client: YOLO Schlitz
  • Year: 2019
  • Role: Geotechnical
Scroll

Our Work


Wash boring atau bor bilas (Direct Circulation) merupakan proses pemboran dengan diameter dan kedalaman yang telah direncanakan, menggunakan putaran / rotary sekaligus memberi tekanan pada mata bor dan menyemprotkan fluida berupa air atau lumpur yang disirkulasi dengan pompa lumpur bertekanan melalui pipa bor dan tanah hasil pemboran (cutting) akan terangkat ke permukaan diantara dinding lubang dan pipa bor karena daya angkat sirkulasi fluida. Selain itu, sirkulasi fluida juga berfungsi membersihkan lubang bor guna memperkecil viskositas lumpur untuk memudahkan pembersihan lanjutan secara mekanik menggunakan BAILER
Kelebihan Tiang Bor Rotary Wash Boring YBM

  1. a. Peralatan cukup ringkas dan ringan, namun mampu menghasilkan tiang bor diameter 300 – 1000 mm dengan kedalaman 40 – 50 m dalam waktu 1 x 24 jam.
  2. b. Perubahan geometeri (dimensi) tiang bor mudah dilakukan baik diameter maupun kedalaman manakala lapisan tanah bor menentukan keharusan penyesuaian.
  3. c. Pembengkakan dan penurunan permukaan tanah sekeliling sangat kecil mendekati normal.
  4. d. Gangguan suara dan getaran alat sangat minim dan dapat ditoleransi.
  5. e. Ketersediaan tenaga terampil, set boring YBM, & material tiang bor mudah diperoleh.
  6. f. Pembuangan lumpur bor hasil penghancuran tanah dengan air mudah dilakukan dengan mobil tangki cakum.
  7. g. Kemungkinan tiang tunggal karena kapasitas besar.
  8. h. Sangat efektif digunakan untuk pekerjaan UNDERPINNING.
  9. i. Verfikasi Integritas dan kapasitas tiang bor dapat dilakukan dengan mudah setelah tiang bor umur > 14 hari memanfaatkan teknologi PIT dan DLT/PDA plus drop hummer yang kami miliki.
Keterbatasan Tiang Bor Rotary Wash Boring YBM

  1. a. Pemboran efektif pada lapisan tanah alluvial / endapan berputir halus dengan N-SPT = 60 (bukan baunching) dan bukan endapan glacial berupa pasir kasar, kerikil apalagi kerakal.
  2. b. Ketersediaan air tanah/sumber air untuk proses pemboran wash boring biaya meningkat jika haus membeli air kerja.
  3. c. Proses pelubangan tiang; pembersihan lumpur; pemasangan besi dan tremie cor; menunggu pasokan beton atau aduk sendiri, pengecoran merupakan proses panjang setara 1×24 jam untuk menghasilkan 1 tiang.
  4. d. Proses panjang tiang bor membutuhkan supervisi dan inspeksi melekat oleh tenaga terlatih untuk memastikan kualitas tiang bor; QA dan QC adalah suatu keharusan.
  5. e. Kesalahan dan atau turunnya mutu tiang maka konskuensi penggantian adalah 2 tiang simetris untuk 1 tiang rusak.

Bored Pile Metode Wash Boring

Gallery

Previous Project